Wed. Feb 28th, 2024
Foto Bersama Menteri Agama Kab. Pati Bpk. Drs. H. Ali Arifin, MM

Kesempatan yang baik bagi mutu perkembangan komptensi guru pendidikan agama Katolik di Kab. Pati karena kementerian agama kabupaten pati menyelenggarakan seminar selama dua hari [Jumat, 01 – Sabtu, 02 Oktober 2021] serta offline, bertempat di Hotel Pati. Para peserta yang mengikuti pertemuan hari pertama berjumlah 30 orang.  Sesuai dengan ketentuan dan peraturan protokol kesehatan [Prokes] satgas penanganan covid Kab. Pati setiap pertemuan  tatap muka dibatasi. Dengan tujuan mencegah penuaran covid 19.

Tema yang diangkat dalam seminar hari pertama adalah Peningkatan Komptensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar Kabupaten Pati Tahun 2021. Seminar dibuka oleh Bapak Drs. H. Ali Arifin, MM selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati. Dalam sambutannya Bpk. Drs. Ali Arifin, MM mengungkap harapan bahwa “Semoga pertemuannya berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Harapannya semoga tetap menjalin kekeluargaan [saling mengenal] antarsatu dengan yang lain, semakin mencintai peserta didik dan yang takkala penting menurut beliau adalah tugas sebagai guru agama itu sangat kompleks. Bukan sekedar menstraferkan pengetahuan, tetapi lebih pada pembinaan karakter [kepribadiaan anak].”

Selanjutnya tema ini dibahas dalam pertemuan ini dibagi menjadi beberapa bagian penting sesuai yang disampaikan oleh beberapa nara sumber sesuai dengan bidang keahliannya: 1] Etika Pembelajaran [Bpk Drs. Adi Prasetyono SY, M.Si]. 2]. Persiapan Pembelajaran dan Media Pembelajaran [Tarsisius Adi Prasetya, S.Pd]. 3]. Spiritualitas Guru Agama Katolik [Rm. Aloysius Kriswinarta, MSF]. Yang menarik bahwa para guru pendidikan agama katolik membagikan pengalaman tantangan serta permasalahan dalam pendidikan kontekstual di masa pandemi ini. Kesetiaan para guru mendampingi anak-anak tak pernah pudar. Para sungguh mencintai peserta didik hingga melakukan home visit ke rumah siswa-siswi. Bentuk kecintaan para guru agama ini amat luar biasa. Sementara pertemuan hari kedua diisi dengan: 1]. Laporan KKG [Ibu Maryanah YF, S.Ag], 2]. Informasi Dinas dari Bpk Penyelenggara Seminar [Bpk. Yosef Elia Triwinanto], 3]. Informasi dari ibu pengawas Katolik Kab. Pati [Ibu Theresia Sri Sulastri, S.Ag], 4]. Peranan Musik dan Nyanyian dalam Liturgi Ekaristi dan TPE terbaru 2020 [Bpk. Yohanes Raharjo]. 5]. Pembuatan Kisi-Kisi dan Soal Penilaian [Bpk. Tarsisius Adi Prasetya, S.Pd].

Kegiatan seminar ditutup dengan doa dan makan bersama. Suasana menjadi semakin cair, cerita ceria dari para guru agama senior menjadi makin tancap. Meskipun usia sudah tua, pengalaman tetap menjadi kaya, itulah yang dibagikan kepada para guru muda. Semangat mererka tak pernah kendor. Mari memberikan semangat dan saling membagiakan kebahagiaan satu sama lain.